Jumat, 07 Oktober 2011

Batang Tempo Doeloe Djilid 8: RSPD Batang

Generasi tahun 1990-an ke depan mungkin kurang mengenal yang namanya "Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Batang" alias RSPD Batang yang dulu pernah berjaya di udara ketika frekuensi radio AM populer tahun 1980-an. Studio radio ini berlokasi di kompleks kantor kabupaten sebelah timur dekat kawasan Kertonegaran dan siarannya dapat ditangkap di kota Batang dan sekitarnya.

Acaranya yang saya ingat antara lain adalah pemutaran lagu Pilihan Pendengar tiap sore yang formulirnya bisa dibeli di studio. Para pendengar bisa saling kirim ucapan dan salam dengan nama-nama samaran. Selain itu radio ini juga memutar beberapa sandiwara radio termasuk serial favorit Saur Sepuh yang mengudara tiap pukul 13.30.

Radio plat merah ini juga menyiarkan iklan dan pengumuman lokal termasuk iklan film-film Bioskop Srikandi dan berita duka meninggalnya warga Batang yang diiringi musik himne trumpet yang cukup menyayat hati (The Silence Trumpet Solo).

Sebagai satu-satunya radio di daerah Batang, RSPD hanya bersaing dengan radio-radio AM lain yang bersiaran dari daerah Pekalongan. Radio dari Pekalongan yang juga dapat didengarkan siarannya dengan jelas waktu itu berdasarkan urutan frekuensinya adalah Radio Damashinta, Radio Santo Bernardus, Radio Chandra Kusuma (Wonopringgo), Radio PTDI Pekalongan, Radio Citra Syuhada (Pekajangan), RSPD Kab.Pekalongan (Wiradesa) dan RSPD Kodya Pekalongan.

Masyarakat Batang secara sayup-sayup juga bisa menangkap suara radio-radio jauh dari kota Jepara, Semarang dan Cirebon. Radio-radio dengan kualitas agak kemresek karena jarak ini tetap memiliki pendengar tersendiri karena memutar episode sandiwara 'Saur Sepuh' lebih baru dari RSPD Batang.

Studio RSPD Batang kemudian pindah ke lokasi Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kebonrojo dan kemudian berganti nama menjadi Radio Suara Abirawa. Setelah itu era AM mulai pudar sejalan dengan makin banyaknya radio-radio baru di jalur FM.

RSPD Batang kini juga kini sudah ikut-ikutan ganti ke frekuensi FM dan studionya telah pindah ke sekitar Kalisalak. Data yang saya peroleh mengenai radio ini adalah sebagai berikut:

Frekuensi: 106.2 MHz
Nama: RSPD Batang (Radio Abirawa Top FM)
Alamat: Jalan Dr Wahidin 54 Batang, Jawa Tengah
Tel: +62 285 391324

Radio ini pernah memiliki blog yang kelihatannya sudah tidak aktif lagi sejak 2010 http://abirawafm.blogspot.com/

¨[Tambahan info 22 Februari 2013]
Abirawa FM sekarang mengudara di Frekuensi 99,5 FM
dan siaran streamingnya bisa didengarkan pada situs http://www.abirawafm.com

Info mengenai radio-radio lain di Batang termuat dalam link ini http://www.asiawaves.net/indonesia/batang-radio.htm


Sent from my BlackBerry® smartphone

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ibu q penyiarnya dulu waktu masih di samping GPU,,,inget dulu sering diajak siaran mainin alat2 yang ada di situ,,,tetep lagu India yang jdi Hitnya pada waktu itu,,

Anonim mengatakan...

sak liane weg pemda radio mbyen opo maneh pak? nyong pingin ngerti

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)