Jumat, 02 Desember 2011

Orang Batang di Planet Ini

Dimanakah orang Batang tersebar? Tentunya paling banyak tersebar di wilayahnya sendiri yang konon menurut angka statistik BPS mencapai 722.026 jiwa ribu jiwa (2014) di seluruh kabupaten. Bandingkan dengan sumber literatur Belanda tahun 1861 yang menyebutkan penduduk Batang zaman itu menurut sumber ini berjumlah 21.630 jiwa. (33 kali lipat setelah satu setengah abad).

Dalam rangka mencari penghidupan yang lebih baik banyak juga orang Batang yang merantau ke kota-kota lain terutama Jakarta (seperti saya) dan baru ramai-ramai kembali ke kampung jika mudik Idul Fitri.

Ada juga orang Batang yang merantau mencari rezeki hingga ke luar negeri. Mungkin belum pernah ada yang mensurvei di mana saja mereka. Beberapa tetangga saya, saya ketahui ada yang menjadi TKI bekerja di Arab Saudi dan Malaysia. Ada beberapa yang menjadi diplomat di Perwakilan RI di luar negeri, ada yang jadi penerjemah bahasa Arab Presiden RI,  ada juga yang menjadi dosen di univertas asing di luar negeri.

Pada awal tahun 2011 ini saya bertemu dua orang suami-istri dari Kecamatan Bandar di sebuah negara di Afrika Utara (Tunisia) yang saat itu sedang dilanda krisis politik. Mereka pulang ke Indonesia satu pesawat dengan saya.

Empat tahun lalu saya bertemu seorang warga Batang asal Tulis yang bekerja di sebuah pabrik tekstil di sebuah kota bernama Al-Ahsa, yang terletak di tengah gurun pasir Arab Saudi.

Tahun lalu di Jakarta saya juga sempat berbincang dengan dua orang pelaut asal Klidang Lor yang baru saja pulang dari Panama, Amerika Tengah. Konon mereka bekerja di sekitar perairan Panama, Venezuela dan Suriname. Jaraknya dari kampung kita separuh putaran bola bumi, luar biasa!

Mungkin di sudut-sudut lain di planet ini, di tempat-tempat yang kita tidak duga, masih ada orang Batang lain yang bisa kita temukan.

Orang Batang di Suriname (Tambahan 18/06/2013)

Para perantau tersebut mungkin kurang dikenal orang, namun saya amati ada beberapa orang asal Batang telah dikenal banyak orang karena karya-karyanya, antara lain:

Goenawan Mohamad (Budayawan, Aktivis Demorasi)
Penghargaan HB IX Award

Almarhum Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub (mantan Imam Besar Masjid Istiqlal)
https://id.wikipedia.org/wiki/Ali_Musthafa_Ya'qub

Dr. Sumanto Al Qurtuby PhD, (Profesor antropologi dan sosiologi di King Fahd University, Arab Saudi) 
Dianing Widya Yudhistira (Novelis /Cerpenis)

Sugito Hadisastro, (Cerpenis/Novelis)

dr. Kartono Mohamad (dokter, mantan Ketua IDI)

Sigit Pramono (Tokoh Perbankan Nasional)

Farid Sugiarto (Penyanyi Dangdut) lihat Video


Ada juga yang dikenal karena aktif sebagai politisi nasional:
Agus Condro (politisi PDIP)


ARTIKEL-ARTIKEL LAIN TENTANG WONG MBATANG

KOMUNITAS WARGA BATANG



Yang berikut ini adalah orang Batang yang tidak boleh ditiru:

Diposkan dari rantau (Depok, Jabar)
Fri, Dec 2, 2011

Sent from my BlackBerry® smartphone




Kunjungi Foto-foto Wong mBatang di Pinterest.




8 komentar:

Anonim mengatakan...

aku wong mbatang asli rowosari limpung. dari tahun 1986 merantau ke kaltim. sedulur... nangkene wes pada kepenak uripe

potter moeza mengatakan...

wOw . . . Robot gedek jebul wong mbatang juga ha'a . . . . wOw . . .

Anonim mengatakan...

Inyong wong Condong Tambahrejo Bandar, kawet 1983 urip nang Sumatera Selatan.

Anonim mengatakan...

masih ada lg orang Batang yg sukses yg pernah membawa indonesia juara;yaitu Muhamad sarengat sbg pelari tercepat asia di era th 60an sampe thn 70an; adalagi pengusaha muda yg sukses yg bernama ir.H.Heppy trenggono yg berasal dari kec.Bawang;Nur abadi (persh.galangan kapal dari karang asem ) dan masih ada lg

G-C mengatakan...

matur nuwun masukannya...nanti saya coba telusuri lagi kisah orang-orang Batang yang njenengan sebut...
salam.......-batang.org

Muhamad Hafid mengatakan...

Q wong karang anyar batang ,, salam kanggo sdulur2 kabeh wong batang ,,q sue nang bekasi iki golhek rejeki ,,,,

iman annida mengatakan...

Wah jebul wong mbatang mantap ya wadah buat para penulis pemula batang apa yak kalo flp dimana kantornya

manto yasya mengatakan...

nyong bek wong batang, asale desa selokarto kec. pecalungan. nyong nang jakarta

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)