Senin, 26 September 2011

Batang Tempo Doeloe Djilid 7: Pawai dan Lomba

Masyarakat di mana pun berada pada dasarnya haus akan hiburan dan mendambakan ada keramaian sesekali. Demikian pula masyarakat Batang.

Setahuku di Batang tidak banyak keramaian yang sifatnya massal selain acara Jumat Kliwonan di Alun-alun. Di bawah ini adalah catatan saya mengenai beberapa acara massal yang dulu sering digelar masyarakat (mungkin sekarang masih).

Pawai 17-an
Yaitu pawai yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus siang yang diikuti oleh kampung-kampung dan sekolah-sekolah. Pawai terdiri dari grup drum band, peserta dengan kostum-kostum menarik dan kendaraan yang dihias dengan bentuk tertentu. Rute pawai dari Alun-alun, Kauman, Dracik dan Proyonanggan.

Pawai Obor Pramuka
Yaitu pawai yang dilaksanakan malam hari tiap tanggal 14 Agustus (Hari Pramuka) oleh siswa-siswa berseragam pramuka dengan membawa obor ('oncor') dari bahan bambu, sumbu kain dan minyak tanah. Rombongan bergerak dari Alun-alun menuju Taman Makam Pahlawan di Kadilangu. Kadang-kadang peserta pawai memberikan obornya di jalan kepada anak-anak.

Pawai Silaturahmi Idul Fitri
Pawai oleh masyarakat nelayan dan warga kampung-kampung di sekitar pantai yang bersilaturahmi kepada Bupati Batang pada Hari Raya Idul Fitri dengan mengenakan kostum-kostum menarik. Pawai ini seingat saya sudah jarang diselenggarakan.

Lomba Dayung
Lomba ini merupakan tradisi syawalan masyarakat nelayan Batang. Diselenggarakan di area dekat pantai Desa Klidang Lor.

Takbiran Keliling
Dilaksanakan tiap malam 1 Syawal oleh beberapa warga dengan mengendarai truk bak terbuka dan menggunakan pengeras suara serta kadang-kadang membawa beduk.

Mengingat saya sudah sangat jarang berkunjung ke Batang, saya kurang tahu persis kegiatan-kegiatan massal yang akhir-akhir ini dilaksanakan. Sekitar 4 tahun lalu saya pernah menyaksikan lomba balap sepeda yang kelihatannya cukup menarik minat warga Batang untuk keluar rumah menonton.

Sent from my BlackBerry® smartphone

Tidak ada komentar:

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)