Selasa, 14 Februari 2012

Batang Dilihat dari Langit



Saya belum pernah lihat secara langsung kota kelahiran saya ini dari udara, kecuali lamat-lamat dari jauh ketika naik pesawat dari Jakarta menuju Semarang di atas Laut Jawa itupun saya kurang yakin kalau yang sedang saya lihat waktu itu adalah daerah Batang. Salah satu cara untuk dapat menyaksikan kota Batang dari sudut pandang vertikal dari atas adalah dengan melihat foto udara melalui Google Map/ Google Earth.

Beberapa tahun lalu saya pernah mencobanya namun ternyata kualitas hasil pemotretan satelit tahun 2002 tampak kurang bagus di daerah kota Batang karena mungkin terhalang awan. Tanpa bosan saya coba terus hingga akhirnya saya mendapati Google telah beberapa kali memperbaiki citra fotonya dan gambar di atas adalah ‘screen capture’ gambar foto satelit terbaru yang disajikan oleh Google, cukup jelas dengan alun-alun dan beringinnya.

Untuk versi petanya kelihatannya Google kurang konsisten dari segi kerincian, ada gang yang disebut, tapi ada yang tidak. Ada gang kecil tapi digambar besar. Meskipun demikian penggambaran peta itu saya kira cukup dapat dijadikan referensi.

Untuk mengenalinya saya coba menandai peta tersebut dengan nomor:

1. Beringin Alun-alun

2. Kantor Kabupaten

3. Rumah Bupati

4. Masjid Agung

5.Kantor Polsek

6.Kantor Pos

7.Ruko

8. Stasiun Kereta Api

9. Pasar Senggol

10. Perempatan Tampangsono

11. Perempatan RE Martadinata

12. Markas Kodim

13. Pasar Batang

Coba bandingkan dengan peta sederhana yang dibuat oleh tukang gambar amatiran seperti saya di sini KLIK.

Jika Anda penasaran ingin mencari gambar rumah Anda silakan akses http://maps.google.co.id kemudian arahkan mouse Anda dengan zoom ke arah titik Batang. Dengan panduan bisa dimulai dari titik lokasi alun-alun cobalah geser mouse ke arah rumah Anda.


Tidak ada komentar:

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)