Minggu, 11 Maret 2012

Akses Batang ke Kota-kota lain di Jawa

Batang diuntungkan oleh lokasinya yang berada di jalur Pantura sehingga akses kendaraan menuju luar kota relatif mudah, terutama ke arah barat dan timur.

Bis-bis antar kota antar propinsi (AKAP) baik ke arah Jakarta maupun Semarang selalu lalu lalang 24 jam sehingga kita tidak perlu khawatir kehabisan kendaraan.

Sebagai perantau saya juga diuntungkan oleh kondisi itu yaitu ketika pulang kampung. Bis yang sering saya naiki kalau dari/ke arah Semarang adalah bis 'Coyo' yang sudah beroperasi sejak saya masih kecil dengan Trayek Semarang-Tegal/Cirebon. Alternatif lain dari Coyo adalah bis 'Nusantara'. Tarifnya terakhir saya naik tahun 2009 adalah Rp.25.000.



(Selipan info tambahan Desember 2014: saya berkesempatan pulang ke Batang melalui Semarang dengan Bis Nusantara, tarif bis AC adalah Rp. 40.000, tiket terlampir beserta info lokasi pemesanan tiket)





Untuk dari/ke arah Jakarta bis langganan saya adalah 'Sinar Jaya' atau 'Dewi Sri'. Di Jakarta bis ini tidak selalu menuju Terminal Pulogadung, namun juga ke titik-titik lain seperti Tanah Abang, Kalideres, Lebak Bulus dll. Saya sudah lupa tarifnya karena akhir-akhir ini saya lebih sering naik kereta.



Bis-bis dimaksud harus diambil dari Terminal Pekalongan. Jadi sebelumnya kita harus naik angkot alias 'Kol Mbatang-Kalongan' untuk ke sana. Kalau agak buru-buru biasanya saya juga suka naik bis Jawa Timuran yang kadang-kadang mau mengambil penumpang di alun-alun Batang.

Kalau lagi nggak ingin bersusah-payah saya juga kadang naik travel. Agen-agennya banyak yang mangkal di Alun-alun Pekalongan seperti Dragon, Mawar, Persada dll. Sayangnya jika naik travel, kita harus rela ikut menjemput penumpang lain dan mengantarnya satu-satu yang memakan waktu cukup lama.

Batang sebenarnya juga dilewati jalur kereta api Jakarta-Surabaya. Namun sayang sebagian besar kereta api tidak berhenti di Stasiun Batang dan memilih berhenti di stasiun terdekat yang lebih besar yaitu Pekalongan.

Jika Anda ingin bepergian ke kota-kota lain di Jawa tabel jarak di atas mungkin bisa dijadikan panduan. Gambar lain di atas adalah tiket bis saya waktu ke Semarang beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)