Sabtu, 28 April 2012

Patung Gajah di Alun-alun Batang

Pertama kali saya melihat patung gajah di Alun-alun Batang saya agak heran. Mengapa benda itu ada di sana? Apakah ada landasan filosofis tertentu, alasan kesejarahan atau sekedar buat menyenangkan anak-anak?

Saya belum pernah melihat gajah di Batang. Saya cek sejarah Batang juga tidak menyinggung apa pun mengenai binatang besar berbelalai ini. Jadi saya berkesimpulan benda ini memang diletakkan di sana hanya untuk menyenangkan anak-anak.

[Tambahan 12 April 2015: Ternyata saya keliru. Berdasarkan artikel yang ditulis teman saya MJA Nashir, ternyata terdapat aspek sejarah Batang yang terkait dengan gajah, lihat link di Facebook beliau:
Bagian 1 Jejak-jejak Hikayat dan Mantra dan Bagian 2 artikel yang sama , untuk membaca mungkin perlu log in Facebook]


Yang jelas patung berukuran seperti binatang aslinya ini saya perhatikan memang sangat menarik perhatian anak-anak, seperti tampak pada gambar. Sayang ada saja yang melakukan vandalisme mencorat-coret patung.


Diposkan dari Bogor, Jabar

2 komentar:

Unknown mengatakan...

menurut sy,adanya patung dialun2 batang,itu menandakan bahwa,menurut sejarahnya kota batang adalah kerajaan,maka pasti ada keturunan dr klga kerajaan yg masih hidup sampai saat ini yg blm diketahui identitasnya,dan patung itu menandakan bahwasanya ada putri raja yg masih dirahasiakan keberadaannya,dan ketika siputri itu menikah seharusnya ada dua patung gajah di alun alun batang,yg menandakan raja dan ratu itu telah hidup berumah tangga,yg menurut sy kota batang dan jogja adalah dua kota yg hampir mirip keberadaannya.sama2,memiliki nilai sejarah dan keistimewaan masing2.itu menurut pengamatan saya,yg smoga bisa menjadi masukan bagi pembaca yg melihat tulisan sy.smga bermanfaat.wassallm.sy uchty sania RJ.from batang city

Unknown mengatakan...

saya sangat yakin bahwasanya kota kelahiran saya ini akan maju,bila masyarakatnya membiasakan hdp yg ramah,menjaga kebersihan lingkungannya,saling tolong menolong dgn saudaranya,batang ini akan maju,jika keberadaan yg mulia ratu terkuak ,sy yakin beliau orangnya sangat baik,sederhana,dan bersahaja,beliau suka membantu sesamanya.semoga beliau cepat keluar dari persembunyiannya selama ini yg sy dengar beliau hidup dikalangan rakyat biasa dan hdp sangat sederhana.

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)