Kamis, 03 November 2011

Batang Tempo Doeloe Djilid 10: Kantor Kabupaten dan Sekitarnya


Waktu saya kecil kawasan sekitar kantor Pemkab menjadi salah satu wahana bermain anak-anak seusia saya. Dengan sepeda mini yang sedang 'ngetrend' kala itu saya sering memutari lokasi sekitar lapangan dekat monumen perjuangan Batang.

Arena lapangan sering dipakai untuk latihan beladiri, latihan menyanyi remaja dalam kelompok besar atau dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain atau duduk-duduk ngobrol.

Di sebelah timur gedung utama terdapat studio RSPD Batang dan beberapa kantor dinas. Di sebelah barat terdapat kantor Agraria dan kantor dinas lain yang di belakangnya terdapat rumah-rumah dinas pegawai.

Di bagian belakang kompleks terdapat lapangan tenis dan juga area lain rumah pegawai.
Kantor Pemkab (waktu itu masih bernama Pemda Dati II) Batang dikelilingi oleh pagar tembok yang cukup tinggi. Dulu saya dan teman-teman kadang iseng melompati pagar itu untuk menghemat jarak dari rumah ke sekolah pulang pergi (Kauman-Kertonegaran).

Di luar area yang berpagar sebenarnya masih terdapat bangunan-bangunan milik pemerintah. Di sebelah timur ada 3 kompleks Sekolah Dasar (SD Proyonanggan 3 dan SD Proyonanggan 11 alias "SD Induk" serta SD Proyonanggan 5 alias "SD Kertonegaran"). Dua SD yang disebut pertama telah pindah lokasinya ke Dracik dan Kauman, sementar SD Proyonanggan 5 masih di tempat yang sama.

Di sebelah Barat terdapat beberapa rumah yang menghadap Jl.RA Kartini yang berseberangan dengan sebuah taman kanak-kanak bernama TK Pertiwi (kini menjadi rumah dinas Wakil Bupati). Di belakang TK itu terdapat rumah dinas Bupati yang lumayan luas kavlingnya hingga alun-alun.

Di depan kompleks utama Pemda terdapat sebuah boulevard yang bernama Jl.Veteran. Boulevard itu waktu itu menjadi arena latihan sepatu roda dan atraksi anak-anak seusia SD/SMP dengan sepeda BMX yang menampilkan teknik akrobatik 'standing' (mengangkat roda depan) dan 'jumping' (melompat melewati papan miring). Boulevard itu kadang-kadang dipakai pula oleh grup-grup drum band sekolah untuk latihan.

Di boulevard itu terdapat beberapa kantor yang kalau saya tidak salah ingat antara lain adalah Kantor Catatan Sipil di sisi barat dan Kantor Dinas Pendidikan di sisi timur.

Beberapa bulan lalu saya lewat boulevard itu dan mendapati ada kebun binatang kecil di dalam kompleks rumah dinas Bupati. Arena itu kelihatannya mampu menarik kunjungan beberapa orang tua yang sedang 'ngajak dolan' anaknya.

Posted from Citayam, Jabar
Thu, Nov 3, 2011

Ilustrasi: Kantor Bupati pada bulan April 2012


Tidak ada komentar:

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)