Sabtu, 24 September 2011

Batang Tempo Doeloe Djilid 6: Toko-toko


Di zaman belum ada toko-toko besar dan mini market seperti sekarang ini pasar tradisional Batang dan toko-toko di sepanjang "nggili gedhe' alias Jl. Jend.Sudirman menjadi penyedia utama barang-barang kebutuhan masyarakat Batang.
Beberapa toko yang masih saya ingat antara lain:

Toko Yok Pojok, terletak di ujung Jl. Yos Sudarso, menjual kain bahan baju dan beberapa barang lain yang tidak terlalu spesifik jenisnya

Toko di samping Toko Yok Pojok yang oleh kakak saya sering disebut sebagai "To'it", menjual makanan seperi roti, jajanan dan biskuit. Konon setelah itu pindah ke ruko. Dulu keluarga saya sering beli roti di situ.

Toko Wijaya yang berlokasi di seberang kantor polisi dekat lampu merah, menjual alat tulis dan beberapa barang kelontong. Di situlah saya dulu sering beli pulpen merek 'Pilot' dan 'Top'.

Toko Besi Santoso, berada di seberang kantor Pegadaian, menjual besi dan bahan bangunan. Tempat saya beli paku dan cat untuk prakarya SD.

Toko kaset sebelah barat Jembatan Gendhingan sisi utara jalan, saya lupa namanya. Tempat beli kaset pop jaman 80-an.

Batang Indah Photo, terletak di sebelah timur Jembatan Gendhingan sisi selatan, melayani foto, afdruk, cuci cetak film, jual album foto dan sejenisnya.

Toko Buku Granada, berlokasi di sebelah timur Jembatan Gendhingan sisi utara, menjual buku-buku pelajaran sekolah dan buku-buku lainnya.

Apotik Shinta berada di perempatan RE Martadinata pojok selatan barat. Seingat saya apotik ini waktu itu pernah jadi satu-satunya apotik di Batang.

Toko Terang, berlokasi di sebelah timur perempatan RE Martadinata, menjual mainan anak-anak dan barang-barang lain. Banyak mainan saya dibeli di toko situ: puzzle, monopoli, catur, gambar kwartet dsb.


Toko Terang by Google Street View April 2013

Toko Obat Sehat, penjual obat berijin, terletak di samping Toko Terang. Dulu saya sering beli obat batuk 'Vicks Formula 44' dan obat sakit kepala 'Mixagrip'

Toko Obat Singapore, terletak di sisi selatan jalan pas lengkungan jalan sebelum pasar.

Toko Buku Anda, dulu berlokasi di perempatan pasar, pojok selatan timur, namun kemudian pindah ke depan Markas Kodim. Toko buku ini pernah menjadi langganan saya. Penjualnya Bapak-bapak yang tampaknya masih keturunan Arab.

Toko Sepatu Surototo, menjual sepatu dan sandal, berlokasi di sisi utara jalan dekat perempatan Pasar Batang. Sekitar tahun 2008 saya sempat membeli sepatu di toko ini karena sepatu saya hilang di Jakarta.


Toko Sepatu Surototo by Google Street View April 2013

Sebenarnya masih banyak toko-toko lain yang saya masih ingat tapi belum sempat saya urai satu-satu seperti Toko Saerah, Toko Memori, Toko Candra, Toko Mas Pantes dan Apotek Enggal Waras. Beberapa toko-toko yang saya sebut di atas hingga kini masih ada.

Tambahan:

Ada satu toko tidak bernama yang menjadi langganan orang tua saya yang letaknya di perempatan Jl. Gajahmada - Jl. RE Martadinata, penjualnya seorang wanita Tionghoa bernama Cik Gien, lokasinya sepertinya sudah menjadi toko motor sebagaimana foto di bawah ini.


Google Street View Juni 2015


Saya juga ingat ada toko meubel yang sudah cukup tua saat itu bernama Toko Meubel Nusantara. Hingga saya foto tahun 2012  toko milik warga Batang keturunan Arab bernama Pak Barak ini masih beroperasi. Kursi tamu di rumah keluarga kami dibeli di toko meubel ini.

Tambahan 28 Jul 2016

Screen Capture Google Street View April 2013










Screen Capture Google Street View tahun 2015








1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice blog
aku juga cah mbatang

jadi ingat masa kecil

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)