Kamis, 06 Oktober 2011

Batang Kota: Sungai-sungai kecil









Melanjutkan pembicaraan mengenai sungai, selain Kali Sambong dan Kramat, kota Batang sebenarnya juga dialiri oleh sungai-sungai berukuran sedang dan kecil yang menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Sungai berukuran sedang mengalir antara lain di daerah dekat sungai besar Kali Sambong (samping jalan ke arah Wirosari/Kecepak) dan sungai di Kalipucang yang melewati daerah dekat gedung Pengadilan Negeri Batang.

Sedangkan sungai kecil antara lain didapati di samping Jalan Ahmad Yani, Jalan Yos Sudarso, dan wilayah Proyonanggan (melewati Jembatan Gendingan). Di daerah Kramat terdapat pula sungai kecil yang mengalir cukup deras yaitu saluran Kadilangu (tampak di gambar).

Sungai Gendingan April 2013 (Google Street Vieww)


Sungai-sungai sedang dan kecil ini sebenarnya turut berfungsi sebagai sarana pencegah banjir di pemukiman penduduk. Sayangnya sungai-sungai ini akhirnya juga akhirnya berfungsi sebagai saluran akhir pembuangan limbah rumah tangga termasuk deterjen dan kotoran manusia sehingga makin lama makin tercemari.

Dahulu di sungai-sungai ini didapati beberapa jenis ikan (iwak kali) antara lain:

-ikan betuk ('iwak bethik'), sejenis mujair dengan tekstur kulit lebih kasar;
-ikan sepat;
-ikan wader (sejenis tawes kecil);
-ikan lele;
-ikan keting (mirip lele, berkumis namun lebih kecil);
-ikan kecil berekor warna-warni (anak-anak menyebutnya iwak gondhok);
-ikan kecil panjang di dasar sungai (anak-anak menyebutnya 'iwak sili');
-ikan sunduk (sejenis ikan kecil di permukaan air dengan mulut runcing);
-ikan kecil dengan dua titik di mulut agak berpendar seperti lampu
-ikan gabus ('iwak kutuk')



-ketam (yuyu)
-udang sungai bercapit, dan
-beberapa jenis ular kecil.

Dahulu kita dapat memancing di sungai-sungai ini atau menangkap ikan dengan jala, 'serok' atau juga besek bekas bungkus nasi berkat. Dengan makin kotornya sungai-sungai ini, ikan dan binatang air lainnya banyak yang sudah menghilang karena tidak sanggup beradaptasi dengan kerusakan habitatnya.

Mungkin suatu hari nanti, entah kapan, pemerintah dan masyarakat akan memiliki saluran khusus limbah sehingga sungai-sungai kita bisa kembali bersih kembali dan terjaga.

Saya ingat ketika saya berkunjung ke Jepang tahun 1998, saya melihat pemerintah kota sengaja menaruh ikan-ikan besar dengan warna mencolok di sungai agar jika tercemari segera diketahui. Akhir September 2011 lalu saya juga sempat menyaksikan di kota Seoul, Korea Selatan sebuah sungai yang teramat jernih yang mengalir di bawah jalan layang kota. Kata teman saya yang pernah tinggal lama di Seoul, sungai itu dulunya kotor tapi berhasil direhabilitasi. Sungguh menakjubkan! Kalau mau seperti itu, kita belum terlambat.

Kapankah kita akan semaju itu di masa depan? Mari kita didik anak-anak kita agar berwawasan lingkungan sehingga kota yang kita cintai makin nyaman. Go green Batang!

Gambar tambahan 13 Feb 2012: Ikan gabus (iwak kutuk) yang dulu bisa diperoleh di sungai di daerah Kauman, kini sudah sulit didapatkan. Foto hasil motret di sebuah supermarket di Bogor. Pada saat saya kecil, menjadi hal yang membanggakan jika kita berhasil menangkap atau memancing ikan jenis ini.

Beberapa jenis ikan yang disebut di atas juga bisa dilihat dari hasil search Google Image di bawah ini:



Sent from my BlackBerry® smartphone

 Iwak Bethik

 Iwak Keting

 Iwak Sepat


Iwak Wader

2 komentar:

Anonim mengatakan...

siji meneh mas iwak deleg,,,

G-C mengatakan...

Betuuul...iwak deleg...lupa kesebut. Matur nuwun..

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)