Minggu, 30 Oktober 2011

Sejarah: Petilasan Syeh Maulana Maghribi di Batang

Sepanjang pengetahuan saya ada dua tempat di Kabupaten Batang yang dianggap masyarakat setempat sebagai 'makam' Syeh Maulana Maghribi yaitu di Ujungnegoro, Kec. Tulis dan Wonobodro, Kec. Blado. Mungkin kedua tempat itu lebih tepat disebut petilasan karena menurut catatan sejarah yang baku, ulama yang meninggal tahun 1419 ini dimakamkan di desa Gapurosukolilo, Kab.Gresik, Jawa Timur.

Saya sendiri pernah ke tiga tempat itu dan jadi bingung mana versi yang benar, mungkin perlu ada verifikasi ahli sejarah sehingga masyarakat tidak salah persepsi.

Terlepas dari benar tidaknya klaim 'makam' itu. Adanya kedua petilasan itu berarti menunjukkan bahwa agama Islam sudah hadir dalam kehidupan masyarakat Batang lebih dari 500 tahun lalu.

Tampak di foto gapura kompleks makam yang berada di Ujungnegoro dan Wonobodro.

Untuk keterangan mengenai Syeh Maulana Maghribi lihat link berikut:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sunan_Gresik

Posted from Bogor
Sun, Oct 30, 2011

11 komentar:

kholifudin jayadi mengatakan...

bukan petilasan om,,masa org yang mau ngaji bcanya ila khadroti petilasan,,hehe ....wnbdro n tulis tu sama2 maghrobi,,tp cuma sama persatuannya,,orangnya ya jelas beda :)

M. Fauzan mengatakan...

setuju, nama syekh maulana maghribi dipakai untuk persatuan dakwah waktu itu,, masing-masing anggota dakwah punya nama asli. Jadi, kedua makam itu adalah asli bukan petilasan, sebagai informasi di Ujungnegoro nama asli tokohnya adalah syarifah fatimah sebagaimana keterangan ahli sejarah "hadratus syekh al habib maulana lutfi bin ali bin yahya. Untuk makam di Wonobodro saat ini masih saya teliti sejarahnya. Mohon do'a, mudah-mudahan bermanfaat.

M. Fauzan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
G-C mengatakan...

Terima kasih untuk masukan-masukannya (Mas Fauzan dan Mas Kholifudin), saya memang berharap akan ada riset yang lebih akurat mengenai sejarah Batang termasuk riwayat kedua makam itu. Semoga riset Mas M. Fauzan lancar dan sukses.

Bagus mengatakan...

klo yang saya pernah dengar bahwa Syech Maulana Maghribi itu adalah gelar ulama yang berasal dari daerah maghribi di maroko sana, jadi memang ada beberapa orangnya, seperti halnya Sunan Giri yang merupakan gelar di Giri Kedaton sana.

G-C mengatakan...

Terima kasih untuk komentar-komentarnya. Tempat-tempat ini kelihatannya sangat populer di kalangan masyarakat karena berdasarkan statistik website saya halaman ini paling banyak dibaca.

Rijal Hilmi Azum mengatakan...

masalah makamnya syech maulana maghribi biar lebih jelas para neter silahkan buka gogelnya habib lutfi disitu ada keterangannya jadi tidak salah persepsi

A Hadie Alhasaniy mengatakan...

kita sebagai orang islam wajib menngikuti ajaran2nya.tidak penting membahas makam2nya.lagi pula apa manfaatnya ?apa bukankah syirik kita minta berkah dari kuburan?

G-C mengatakan...

Saya murni hanya tertarik kesejarahannya dan tidak berkeinginan untuk menyorot aspek mistik maupun mencari manfaat spiritual apa pun. Berkah hanya dari Allah Swt.

mas ikin mengatakan...

Iya betol komentarnya maghribi itu nama negara n sykh itu pangilan unk orang2 alim. Jadi bukan petilasanya .

mas ikin mengatakan...

Siapa bilang ziarah sirik,

Twitter BatangOrg

Kata Kunci

alas roban (4) alun-alun (5) bahasa (7) bahurekso (1) bandar (2) batang (163) batang.org (5) batik (3) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) boso (3) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (11) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (10) kabupaten (99) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (17) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (2) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (3) pasar (2) pawai (2) pekalongan (15) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (2) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (9) wonobodro (1) wonotunggal (2)