Senin, 10 Oktober 2011

Jalur Kereta Kabupaten Batang

Dua malam yang lalu saya melakukan perjalanan dari Cirebon menuju Semarang dengan kereta Bangunkarta Ekspres. Maksud hati ingin mampir ke Batang buat motret-motret untuk mengisi blog, namun sayang waktu tidak memungkinkan karena saya harus sudah siap untuk menuju Ungaran pagi harinya.

Sebagai kota yang terletak di jalur pantura Kabupaten Batang dilewati oleh rel kereta api Jakarta-Surabaya yang memotong Jl. Yos Sudarso dan Jl. RE Martadinata. Jalur kereta ini menurut sejarah sudah ada sejak zaman Belanda. Di antara kedua jalan itu terdapat Stasiun KA Batang.

Waktu saya kecil saya kadang-kadang main di jalur rel sekitar Kasepuhan dan duduk-duduk di relnya yang, mohon maaf, agak berbau pesing. Dahulu saya heran mengapa rel kereta berbau pesing, tapi kemudian saya jadi mengerti setelah sering naik kereta api dan menyaksikan klosetnya yang bolong melompong tanpa penampung apa pun. Segala benda yang terbuang lewat lubang itu akan langsung mengenai wajah bumi pertiwi di sekitar rel.

Waktu masih murid SD, saya pernah melihat beberapa teman saya yang membuat pisau mainan kecil dengan cara menidurkan paku di rel dan menunggu roda kereta memipihkan paku itu. Sungguh mainan berbahaya karena paku yang terlempar tanpa arah bisa mengenai mereka, namun karena anak-anak, bahaya itu tidak dimengerti atau dianggap remeh.

Saya dulu juga sering diberi guyonan informasi palsu yang sempat saya percayai bahwa jika kita menaruh sabun mandi di atas rel, maka kereta akan ambruk karena terpeleset. Entah mengapa dulu saya percaya saja..hehe

Sayang sekali, meskipun Batang dilewati jalur rel, kereta-kereta ekspres antar kota besar tidak berhenti di Stasiun Batang karena sudah berhenti di Pekalongan. Jadi masyarakat Batang terpaksa harus naik angkot alias numpak kol ke Stasiun Pekalongan yang jaraknya kurang lebih 10km.

Posted from Semarang, Mon, Oct 10, 2011

Tidak ada komentar:

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)