Kamis, 20 Oktober 2011

Batang Tempo Doeloe Djilid 9: Kuliner Baheula

Waktu saya kecil dulu paling tidak ada dua tempat makan (atau membeli makanan untuk dibawa pulang) yang cukup terkenal saat itu yaitu gulai Haji Thoyib dan Bakmi Pak Lal.

Gulai Haji Thoyib berlokasi di sebelah utara Alun-alun Batang di jalan besar dekat lampu merah kantor telkom sekarang. Dulu keluarga saya kadang-kadang membeli gulainya dan menyebut penjualnya sebagai 'Labib'. Konon sekarang sudah tidak berjualan lagi. Seingat saya gulainya sangat enak.



Haji Thoyib - Google Street View April 2013

Bakmi Pak Lal berada di sebelah barat Jembatan Gendingan, sisi selatan jalan. Saya sendiri tidak pernah membeli bakmi di situ tapi kakak ipar saya sering. Pak Lal konon pendatang dari Tasikmalaya. Pernah suatu kali saya bertemu seseorang di Jawa Barat yang mengaku masih keponakan Pak Lal. Begitu saya bilang saya dari Batang, orang itu dengan semangat bercerita bahwa pamannya penjual bakmi terkenal di Batang. Entah dimana beliau sekarang, kalau tidak salah keponakannya itu sempat bilang kalau beliau sudah meninggal.

Mungkin ada juga tempat makan lain juga yang terkenal waktu itu namun tidak saya ketahui karena keterbatasan saya sebagai anak. Ada yang masih ingat?

Diposkan dari Riyadh, Arab Saudi
Thu, Oct 20, 2011

Sent from my BlackBerry® smartphone from Saudi Telecom

1 komentar:

Afin mengatakan...

Terimaksih atas informasinya. Sekarang gulai Haji Thayyib sudah tidak berjualan lagi dan beralih menjadi studio musik "Mahesa". Saya cukup kaget sekaligus terhibur atas antusiasme mas yang berbagi cerita tentang kota Batang. Saya tidak menyangka bahwa studio tempat saya biasa 'ngeband' ternyata memiliki makna dan sejarah tersendiri.

Salam dari Semarang

Fausta Dhafin

Kata Kunci

alas roban (5) alun-alun (6) bahasa (3) bahurekso (1) bandar (2) batang (161) batang.org (6) batik (5) bawang (1) bioskop (1) blado (2) blog (2) buka puasa (1) bupati (2) central java (1) darul ulum (1) dayung (1) dialek (3) dracik (1) facebook (4) festival (1) forum (2) foto (8) hotel (1) info (1) jalan (1) java (1) jawa (3) kabupaten (101) kadilangu (1) kalisalak (1) kampung (1) kampus (1) kantor (2) kauman (1) kecamatan (5) kedungdowo (1) kegiatan (1) kehidupan (1) kenangan (2) kereta api (3) khas (2) kliwonan (7) komunitas (2) kota (18) kramat (2) ktp (1) kuliner (9) lingkungan (2) lokasi (1) lomba (2) lumba-lumba (3) madrasah (1) maghribi (1) makam (2) makanan (3) map (2) masjid (1) mbangun (2) mbatang (1) megono (3) melati (1) metal (2) mustika (1) nelayan (3) pagilaran (3) pahlawan (1) pantai (10) pantura (4) pasar (2) pawai (2) pekalongan (7) pemandian (1) perkebunan (1) pesanggrahan (1) peta (2) petilasan (1) radio (2) ramadhan (2) rel (1) resmi (1) rspd (2) rumah (1) sambong (2) search (1) sego (2) sejarah (5) sekolah arab (1) semarang (2) sendang sari (1) senggol (1) sigandu (5) situs (4) srikandi (1) sungai (2) taman (1) teh (1) terminal pekalongan (1) tersono (1) thr (1) tol (2) tulis (2) twitter (3) ujungnegoro (6) website (4) wikipedia (1) wilayah (2) wisata (10) wonobodro (1) wonotunggal (2)